4 Cara Mengurangi Efek Samping Antibiotik Dengan Cara Alami

Ketika kita kena infeksi bakteri, minum antibiotik ialah cara yang tepat untuk membalikkan daya tahan tubuh dengan teknik membunuh bakterinya. Sama laksana obat lainnya, antibiotik pun dapat memicu sejumlah efek samping yang menciptakan tubuh tidak terasa nyaman. Hal ini membuat sejumlah orang merasa tak mau periksa ke dokter dan minum obat antibiotik saat sedang sakit. Lantas, bagaimana teknik mengurangi efek samping antibiotik tersebut? Yuk, simak penjelasannya inilah ini!

Berbagai efek samping antibiotik yang butuh Anda ketahui

Antibiotik tergolong ke dalam kelompok obat yang memerlukan resep dokter. Antibiotik biasa dipakai untuk mengobati infeksi yang diakibatkan oleh bakteri laksana radang tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan infeksi drainase kemih.

Di samping menyembuhkan penyakit, antibiotik pun dapat menyebabkan sejumlah efek samping, di antaranya:

  • Sakit perut
  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Hilangnya nafsu makan

Pada sejumlah kasus, efek samping antibiotik pun dapat berupa munculnya ruam, batuk, sampai sulit bernapas. Kasus ini paling jarang terjadi, kemungkinan diakibatkan oleh alergi obat. Karena itu, segera konsultasikan pada dokter andai Anda mulai menikmati salah satu atau sejumlah efek samping sesudah minum antibiotik.

Perlu disalin juga bahwa tidak seluruh penyakit memerlukan antibiotik, misalnya melulu sekadar flu atau pilek. Flu dan pilek ialah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus sampai-sampai tidak bakal efektif andai diobati dengan antibiotik. Bila antibiotik tetap digunakan, maka ini malah akan merangsang timbulnya efek samping antibiotik laksana yang sudah dilafalkan sebelumnya.

Penggunaan antibiotik yang tidak tepat pun dapat menciptakan bakteri lebih resistan alias kebal dengan antibiotik. Akibatnya, kita rentan terpapar infeksi yang sama dan lebih sulit sembuh di lantas hari.

Cara alami menanggulangi efek samping antibiotik

Jika kita mulai menikmati salah satu atau sejumlah efek samping antibiotik, kita tidak disarankan untuk langsung berhenti minum antibiotik tanpa ajakan dari dokter. Sebab, ini akan menciptakan penyakit Anda pulang lagi, bahkan lebih powerful dari sebelumnya. Akibatnya, penyakit itu akan lebih kebal terhadap antibiotik yang kita minum sampai-sampai waktu penyembuhannya menjadi lebih lama.

Di samping dengan berobat ke dokter, efek samping antibiotik pun dapat ditanggulangi dengan sejumlah bahan alami. Nah, teknik alami untuk menanggulangi efek samping antibiotik ialah sebagai berikut:

1. Suplemen probiotik

Minum antibiotik nyatanya tidak melulu membunuh bakteri penyebab penyakit, tetapi pun menghilangkan bakteri baik dalam usus (probiotik). Padahal, probiotik ini diperlukan untuk mengawal sistem pencernaan kita tetap sehat.

Berdasarkan keterangan dari sebuah riset pada tahun 2008, minum suplemen probiotik dapat menolong mencegah masalah pencernaan dampak antibiotik, seperti dikutip dari Very Well. Hal ini turut didukung oleh Dr. Michael Rabovsky dari Cleveland Clinic yang mengungkapkan bahwa probiotik terbukti dapat mencegah diare.

Di samping dalam format suplemen, kita juga dapat mendapatkan asupan probiotik dari makanan yang difermentasi, laksana yogurt dan kefir. Namun, pastikan bahwa obat antibiotik kita telah berakhir terlebih dahulu sebelum kita minum suplemen atau santap makanan yang berisi probiotik.

2. Teh herbal

Jika kita merasa mual sesudah minum antibiotik, usahakanlah untuk minum teh jahe untuk meminimalisir efek sampingnya. Kalau kita tidak suka jahe, pilih teh daun raspberry yang dapat menolong mengobati diare dampak minum antibiotik.

3. Milk thistle

Obat apa juga yang kita minum, tergolong antibiotik, lazimnya akan diproses oleh hati guna dipecah. Hal ini menciptakan organ hati menjadi stres dan sarat dengan racun. Bagi mengatasinya, Anda dapat menetralisir racun di hati dengan milk thistle.

Milk thistle ialah suatu bahan alami yang dapat menolong membersihkan hati dari efek obat-obatan. Herbal yang satu ini dapat menerbitkan racun dari hati sampai-sampai sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Meski demikian, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum menyimpulkan untuk mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut.

4. Atur pola makan

Redakan efek samping antibiotik dengan menata jenis makanan yang dikonsumsi, yakni dengan perbanyak santap buah-buahan, sayuran, dan sumber protein tanpa lemak. Di samping itu, hindari sekian banyak  makanan berminyak laksana gorengan supaya tidak memperberat kerja lambung dan mengakibatkan sakit perut.

Agar efek samping antibiotik semakin gampang diatasi, tidak boleh lupa guna selalu merealisasikan pola hidup sehat laksana olahraga teratur, tidur yang cukup, perbanyak minum air putih, dan mengendalikan stres. Dengan demikian, Anda juga lebih gampang untuk meminimalisir masalah kesehatan dampak minum antibiotik.
4 Cara Mengurangi Efek Samping Antibiotik Dengan Cara Alami 4 Cara Mengurangi Efek Samping Antibiotik Dengan Cara Alami Reviewed by akbar on Mei 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.