Tips Parenting Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget


Di zaman modern ini, gadget menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. Bahkan banyak anak kecil yang lebih mahir bermain gadget dibandingkan orang tuanya. Anak-anak umur 2 tahun, banyak yang diberi gadget sendiri oleh orang tua. Padahal kecanduan gadget bisa mengganggu kesehatan anak-anak. Entah itu kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Tetapi bukan berarti anak-anak harus menghindari gadget. Jika diajarkan dengan benar, gadget bisa memberikan manfaat bagi anak-anak. Berikut ini tips parenting untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget.
Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Sebelumnya anda harus tahu ciri-ciri anak yang kecanduan gagdet. Anak yang kecanduan gadget, akan minta menggunakan gadget terus menerus. Bila tidak diberikan, mereka akan mengamuk. Anak-anak juga malas melakukan aktivitas di luar rumah. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bermain game di gadget atau menonton youtube. Bahkan disuruh belajar, mandi atau melakukan aktivitas lainya malas. Jika hal ini terjadi, cobalah lakukan hal ini:

Batasi Penggunaan Gadget

Terapkan batas waktu menggunakan gadget. Anda harus displin dengan aturan ini dan anak harus mematuhinya. Untuk anak dibawah 2 tahun, dilarang bermain gadget sendiri. Harus selalu dibawah pengawasan orang dewasa. Anak-anak usia 2-4 tahun, bermain gadget kurang dari satu jam setiap harinya. Untuk anak berumur 5 tahun ke atas, bermain gadget tidak boleh lebih dari dua jam di luar kebutuhan untuk belajar.

Buat Jadwal

Selain memberlakukan aturan penggunaan gadget, anda harus membuat jadwal bermain gadget. Misalnya boleh bermain gadget, jika semua tugas sekolah sudah selesai. Selain itu ajaklah untuk melakukan kegiatan lain yang lebih seru. Supaya anak-anak lupa bermain gadget. Jangan berikan akses penuh untuk bermain gadget. Banyak parenting yang melupakan hal ini. Orang tua membebaskan anak-anak bermain gadget. Bahkan dibelikan gadget sendiri. Ini akan membuatnya semakin kecanduan. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu, jika ingin bermain gadget.

Tentukan Wilayah Bermain Gadget

Anda bisa menentukan wilayah untuk bermain gadget. Misalnya dilarang bermain gadget di mobil, kamar tidur, meja makan dan lainnya. Jika anak anda melanggar, anda bisa memberikannya hukuman. Anda juga harus memberikan contoh yang baik ke anak-anak. Ketika sedang berkumpul bersama mereka, jangan sibuk bermain gadget sendiri. Cobalah untuk bermain dengan anak-anak dan letakan gadget anda. Sehingga mereka bisa merasakan kenyamanan lain, selain bermain gadget.

Jangan biarkan anak bermain gadget terus menerus. Anda juga bisa menginstal aplikasi yang penting saja. Tidak perlu instal game atau youtube. Sehingga anak-anak tidak bisa bermain gadget terus menerus. Untuk anak umur 5 tahun ke atas, selalu berikan arahan dan kontrol. Jangan dibiarkan lepas begitu saja. Sekian artikel tentang parenting, semoga bermanfaat


Tips Parenting Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget Tips Parenting Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget Reviewed by akbar on Mei 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.