Makan Buah Sebelum Atau Setelah Makan

Makan Buah Sebelum atau Sesudah Makan?




Makan buah dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Baiknya makan buah sebelum atau setelah makan ya?

Pakar gizi Jill Weisenberger, MS, RD, menyampaikan kabar yang menyebut makan buah sebaiknya dikala perut kosong tidak ada bukti ilmiahnya. Sama halnya dengan makan buah setelah makan besar.

Ia menyampaikan sejatinya bukan kapan makan buah yang harus ditanyakan, namun seberapa besar porsi buah dalam makanan Anda sehari-hari. Sebabnya, tidak ada klarifikasi ilmiah yang mendukung pernyataan buah sebaiknya dimakan sebelum ataupun setelah makan.

"Makan buah dikala perut kosong akan membantu fermentasi makanan selanjutnya ialah mitos. Yang penting ialah makan buahnya, baik itu sebelum ataupun setelah makan," tutur Weisenberger, dikutip dari Huffington Post.

Klaim yang menyebut makan buah setelah makan berat akan menciptakan sakit perut pun tidak benar. Sistem pencernaan akan mencerna seluruh makanan secara bersamaan, baik itu sayur, buah maupun nasi dan lauk-pauk.

Hal senada pernah diungkapkan oleh DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, konsultan kanal cerna di RS Cipto Mangunkusumo. Menurutnya konsumsi buah baik dilakukan kapan saja. Namun bagi yang sedang diet memang dianjurkan untuk makan buah sebelum makan besar.

Sebabnya, buah yang dikonsumsi sebelum makan tentu akan menciptakan sebagian lambung sudah terisi. Pada akhirnya, jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya tentu berkurang.

"Jika menentukan untuk mengonsumsi buah setelah makan, maka juga harus memperhitungkan jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga masih ada ruang di lambung untuk buah," tuturnya.
Makan Buah Sebelum Atau Setelah Makan Makan Buah Sebelum Atau Setelah Makan Reviewed by akbar on Juli 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.