Menggunakan Terapi Musik Bisa Jadi Pilihan guna Membantu Pengobatan Kanker

Kanker adalahsalah satu penyakit tidak menular dengan angka kesakitan dan kematian yang lumayan tinggi, baik di Indonesia maupun di dunia. Pilihan penyembuhan yang dapat ditempuh guna mengobati kanker juga tidak tanggung-tanggung, dapat melalui proses operasi, kemoterapi, serta terapi radiasi. Namun, pernahkah kita mendengar bahwa ternyata terapi memakai musik disinyalir bisa mempercepat proses pengobatan kanker? Simak jawabannya dalam pembahasan berikut ini.

Terapi musik terbukti baik untuk orang yang merasakan kanker

Musik ialah suatu unsur dari seni yang nampaknya tidak lepas dari kehidupan anda sehari-hari, diperlihatkan dengan keberadaannya yang nyaris selalu terdapat dimanapun.

Uniknya, musik tak melulu mampu menghipnotis pendengarnya hingga dapat meningkatkan mood dan menciptakan Anda lebih rileks. Di sisi lain, ternyata musik juga berfungsi positif untuk dipakai sebagai terapi dalam mengobati kanker.

Berdasarkan keterangan dari National Institute of Health, terapi seni dapat membantu pasien kanker untuk menanggulangi perasaan cemas, depresi, bahkan rasa sakit, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup terutama pada pasien perawatan paliatif.

Hal ini diperlihatkan oleh selama 40 persen pasien kanker yang melengkapi penyembuhan harian mereka dengan terapi musik, merasakan penurunan fenomena psikologis dalam dirinya.

Dilansir dari laman Medical News Today, menurut keterangan dari penelitian yang dilaksanakan oleh Profesor Livitin dan Dr. Mona Lisa Chandra di tahun 2011 mengindikasikan bahwa terapi musik dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan penderita kanker.

Bagaimana musik dapat membantu mengobati kanker?

Dalam riset tersebut diketahui bahwa orang yang merasakan kanker stadium lanjut merasa stres, cemas, dan depresi sekitar pengobatan. Tentu urusan ini menciptakan pengobatan jadi terhambat. Maka itu, terapi musik akan menciptakan perasaan dan tubuh pasien jadi lebih rileks dan tenang.

Di samping itu, akibat positif terhadap kesehatan mental pasien juga dominan pada sistem kekebalan tubuhnya. Jadi, musik secara tidak langsung dapat menambah antibodi (pelindung tubuh terhadap serangan virus dan bakteri penyebab penyakit) yang dikenal dengan nama imunoglobulin A, serta menambah jumlah sel pembunuh alami (bekerja dalam membunuh sel kanker) dalam tubuh. Di samping itu, terapi musik pun diyakini dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang hormon stres.

Pada intinya, terapi musik tidak secara langsung dominan dalam mengobati kanker. Namun, musik memiliki akibat yang besar pada keadaan hati penderita kanker sampai-sampai secara perlahan dapat memperbaiki keadaan hati mereka dalam menikmati maupun menanggulangi penyakit kanker tersebut sendiri.

Itu sebabnya, terapi musik lebih dirancang untuk menciptakan pasien kanker merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri, yaitu dengan teknik mengurangi stres, kecemasan, perasaan sakit, serta menambah perasaan rileks dalam menjalani semua formalitas pengobatan.

Ternyata tak melulu pasien, family juga dapat mendapatkan guna dari terapi musik

Faktanya, guna dari terapi gunakan musik guna mengobati kanker tidak hanya dapat dirasakan oleh penderita kanker saja. Namun, family penderita kanker juga dapat mendapatkan efek positifnya.

Mengutip dari laman Very Well Health, kanker dapat dibilang sebagai “penyakit keluarga”. Pasalnya ketika ada di antara anggota family yang terserang kanker, maka anggota family yang lain ingin seperti ikut menikmati rasa sakit yang sama.

Maka itu, suatu penelitian meneliti secara eksklusif pemberian terapi musik pada family serta perawat penderita kanker. Hasilnya mengindikasikan bahwa terapi musik bisa memberikan guna ganda, baik untuk pasien maupun keluarganya, dengan teknik meningkatkan perasaan bahagia dan rasa peduli guna orang yang mereka cintai sekitar masih hidup.

Jenis musik apa yang sangat tepat guna terapi pengobatan kanker?

Tidak seluruh jenis musik direkomendasikan guna dijadikan pilihan pengobatan pada penderita kanker. Sebenarnya tersebut kembali lagi ke genre musik kesayangan pasien kanker, tapi seringkali aliran musik yang keras laksana heavy metal bukanlah di antara pilihan yang baik.

Sebagai gantinya, suatu studi lebih menganjurkan jenis “musik alkalin” sebagai opsi terapi, musik dalam kelompok ini mencakup musik klasik, musik india timur, dan musik harpa.
Menggunakan Terapi Musik Bisa Jadi Pilihan guna Membantu Pengobatan Kanker Menggunakan Terapi Musik Bisa Jadi Pilihan guna Membantu Pengobatan Kanker Reviewed by akbar on Juli 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.