Penyebab Mesin Suara Mencicit Ketika Dihidupkan

Penyebab bunyi mencicit di area mesin dikala kendaraan beroda empat pertama kali dihidupkan dipagi hari niscaya bikin jengkel lantaran harus mendengar bunyi berisik tiap kali menstarter mobil. Penyebab bunyi mendecit pada mesin tersebut biasanya disebabkan oleh tali kipas / vanbelt mesin ataupun alternator.

Tali kipas atau dalam bahasa tehniknya disebut vanbelt/drivebelt yaitu salah satu komponen penting yang ada pada kendaraan beroda empat yang fungsinya yaitu membagi/meneruskan putaran dari pulley ke cuilan lain ibarat waterpump ( pompa air ),ACcompressor,powersteering,serta kipas pendingin radiator sehingga sanggup bekerja sesuai fungsinya.


beberapa penyebab bunyi mencicit di area mesin diantaranya yaitu sebagai berikut.

Tali kipas / fan belt kendor sehingga dikala mesin pertama kali dihidupkan tali yang seharusnya memutar semua komponen yang ada terjadi slip sehingga timbul bunyi mencicit. 

Tali kipas / fan belt terkena kotoran, cairan minyak powersteering/oli yang tumpah secara tidak sengaja sehingga menciptakan licin si drivebelt tersebut dan timbul lah bunyi bunyian tadi.
 
Tali kipas pecah-pecah/retak.tali kipas / fan belt yang sudah mengalami keretakan baik retak secara lurus ataupun memotong juga sanggup menjadikan bunyi dikala mesih dihidupkan.kondisi ibarat ini biasanya lantaran efek usia dari tali kipas yang sudah bau tanah dan memang sudah waktunya untuk dilakukan penggantian. 

Pemeriksaan Gejala

Pada kendaraan beroda empat kijang sebelumnya anda harus mengusut tali manakah yang menjadikan bunyi mendecit. pertama matikan AC kemudian starter kendaraan beroda empat anda,kemudian setelah itu nyalakan AC.lihat apakah ada perbedaan sebelum dan sehabis anda menyalakan AC. jikalau ada berarti bunyi timbul dari tali AC. Namun jikalau tidak ada perbedaan bunyi berarti sanggup dari tali kipas. Untuk mobil selain kijang anda sanggup eksklusif melaksanakan perbaikan.


Cara mengatasi mesin kendaraan beroda empat berbunyi


Periksa kekencangan tali kipas dengan cara menekan kebawah,bila dirasa sedikit kendor silahkan anda lakukan penyetelan secara manual. 

Bila tali kipas terkena noda minyak misal minyak powersteering ataupun oli anda sanggup mengakali dengan menuangkan BEDAK bayi ke seluruh tali kipas dan kemudian starter untuk mengecek apakah sudah teratasi bunyi nya. 

Periksa keretakan yang ada pada fan belt,bila anda menemukan tali kipas sudah mulai retak retak sebaiknya anda mengganti dengan yang gres di bengkel resmi langganan anda. 

Nah itulah tadi salah satu cara mengatasi bunyi mesin yang mencicit dan mengganggu indera pendengaran kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.


Penyebab Mesin Suara Mencicit Ketika Dihidupkan Penyebab Mesin Suara Mencicit Ketika Dihidupkan Reviewed by akbar on Juli 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.