5 Cara Mudah Membentuk Rasa Percaya Diri pada Anak


Rasa percaya diri perlu dibentuk sejak dini agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang pemberani. Rasa percaya diri akan membuat anak Anda mampu mandiri melakukan berbagai aktivitasnya. Rasa percaya diri dapat dibentuk dengan cara mudah berikut ini. Penting untuk menjadi bagian dari belajar parenting Anda sebagai seorang ibu.

1. Jalin Komunikasi dengan Anak

Anak membutuhkan sosok yang dekat dengannya untuk diajak berkomunikasi dan berbagi hal yang disenanginya. Anda perlu melakukan komunikasi yang baik dengan anak dengan mencari tahu apa yang disukai dan tidak disukainya.

Ini akan menjadi latihan untuk anak belajar mengemukakan pendapatnya dan mengutarakan apa yang diinginkannya. Lakukan ini perlahan-lahan sehingga anak dapat mengatakan apa pun dengan Anda. Jangan paksa anak untuk melakukannya jika ia tidak menginginkannya.

2. Berikan Perhatian

Anak membutuhkan kasih sayang agar ia merasa keberadaannya dibutuhkan. Ketika anak merasa disayangi dia akan memiliki orang yang bisa dipercayainya. Anak bisa percaya diri melakukan apapun karena dia yakin ada yang akan mendukungnya. Bicaralah pada anak dengan meluangkan banyak waktu Anda, terutama bagi seorang ibu.

3. Ajari Anak Interaksi Sosial

Bagian belajar parenting yang kerap sekali dilupakan adalah mengajarkan anak cara melakukan interaksi sosial yang baik. Anak akan merasa canggung ketika tidak memiliki rasa percaya diri untuk berbicara dan melakukan interaksi dengan orang lain.

Anda perlu mengajarinya agar anak bisa terbiasa dan memiliki rasa percaya diri. Contohnya mulailah untuk membuat anak Anda berbicara dengan pedagang saat dia sedang berbelanja camilan atau pun tukang es krim. Ajari anak cara untuk interaksi dengan temannya saat bermain sehingga anak bisa berkomunikasi dengan baik yang membuatnya menjadi percaya diri.

4. Ajak Anak Bermain

Anak-anak memiliki kecenderungan yang lebih dan bebas berekspresi ketika diajak bermain. Ini langkah untuk membentuk rasa percaya diri anak dengan mengajaknya bermain di sebuah wahana bermain. Ketika anak bermain dengan apa yang diinginkannya biarkan anak bisa menikmatinya sendiri.

Pantau saja dari kejauhan untuk membuat anak tidak takut dan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Anak yang percaya diri akan berani melakukan aktivitas di tempat umum tanpa menangis atau pun takut ditinggalkan.

5. Berikan Latihan

Anda bisa melatih rasa percaya diri anak dengan membuat latihan seperti mengerjakan soal atau pun menyelesaikan sebuah tantangan. Latihan ini akan membuat anak berusaha menuntaskannya. Berikan anak motivasi agar bisa menyelesaikannya dan begitu selesai berilah anak hadiah atau pujian hingga ia merasa dirinya mampu.

Tidak mudah untuk membentuk rasa percaya diri pada anak. Hanya saja jika tidak dimulai sejak anak masih kecil ini akan menyulitkan Anda ke depannya. Anak yang tidak memiliki rasa percaya diri akan menjadi anak yang manja dan selalu ketergantungan. Anda bisa memahami dengan baik cara mendidik anak dengan belajar parenting secara menyeluruh.
5 Cara Mudah Membentuk Rasa Percaya Diri pada Anak 5 Cara Mudah Membentuk Rasa Percaya Diri pada Anak Reviewed by akbar on Oktober 16, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.