Kesalahan yang Sering di Lakukan Saat Menyetir Mobil Manual


Mengemudikan mobil bukan hanya sebatas bisa jadi: injak kopling input gigi persneling, mainkan gas serta tekan rem. Terutamanya buat yang transmisi manual, nyatanya ada banyak tingkah laku yang butuh dijauhi. 

Karena langkah berkendara yang salah bisa memunculkan dampak negatif, misalnya keausan elemen yang bertambah cepat dari umumnya, boros bahan bakar minyak (BBM), sampai membuat penumpang tidak nyaman. 

Lalu, apa yang harusnya dijauhi saat nyetir mobil manual? 

1. 1/2 Kopling 

Langkah berkendara semacam ini, umumnya sebab pengemudi malas untuk memakai rem tangan saat situasi jalan macet, terutamanya di jalan naik. “Cara berkendara semacam itu, berpengaruh pada elemen kanvas kopling yang dapat cepat aus,” papar Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi waktu lalu. 

2. Kaki Siaga di Pedal Kopling 

Tidak dikit pengemudi yang sering lakukan rutinitas ini. Walau kaki cuma disandarkan saja diatas pedal kopling --tak diinjak, itu masih punya pengaruh pada elemen kopling. 

Walau sekedar hanya melekat saja, tetapi ini dapat mengakibatkan kopling cepat aus. Jadi semestinya kaki diistirahatkan dari pedal kopling, saat mobil meluncur. 

3. Perpindahan Gigi Kasar 

Anjar meneruskan, tingkah laku yang lain yang butuh dijauhi ialah perpindahan gigi dengan kasar. Misalnya saat giginya belum betul-betul dipindahkan dengan prima, pengemudi telah melepas kopling. 

Tidak hanya tidak nyaman buat penghuni kabin, jika ini terus menerus dikerjakan, dampaknya pengemudi dapat susah untuk masuk gigi, sebab elemen transmisi yang memiliki masalah. 

4 Gigi Tinggi di Kecepatan Rendah 

Memang, berlainan dengan mobil automatis, pengemudi mobil manual butuh semakin banyak aktif atau rajin ganti tempat gigi. 

Tetapi, pada pemakaian mobil manual, masih tetap saja ada yang malas, seperti tidak mengalihkan gigi transmisi ke tempat lebih rendah, sesuaikan dengan kecepatan mobil yang lambat. 

Situasi ini dampaknya dapat membuat mobil jadi boros BBM. Jadi lihat tempat gigi serta kecepatan mobil, seperti yang direkomendasikan pabrikan mobil seperti berikut. 

  • Gigi 1-2 serta 2-1 pada 15 km/jam 
  • Gigi 2-3 serta 3-2 pada 35 km/jam 
  • Gigi 3-4 serta 4-3 pada 50 km/jam 
  • Gigi 4-5 serta 5-4 pada 70 km/jam 

5. Lupa Netralkan Gigi Waktu Parkir 

Rutinitas yang paling akhir kata Anjar, saat mobil akan dimatikan serta diparkir, tempat persneling lupa untuk dikembalikan ke tempat netral. Dampaknya, waktu mobil akan dipakai serta mobil di-starter karena itu mobil akan bergerak. Tidak hanya tidak nyaman, ini dapat juga membahayakan keselamatan.
Kesalahan yang Sering di Lakukan Saat Menyetir Mobil Manual Kesalahan yang Sering di Lakukan Saat Menyetir Mobil Manual Reviewed by akbar on April 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.