Lokasi Suntik Insulin Ditubuh yang Dianjurkan


Berikut sejumlah lokasi suntik insulin yang seringkali disarankan oleh dokter, yaitu:

1. Perut

Perut merupakan tempat suntik insulin yang paling tidak sedikit dituju oleh semua pengidap diabetes. Di unsur tubuh yang satu ini insulin sangat cepat diserap guna masuk ke dalam aliran darah. Di samping itu, perut pun menjadi unsur tubuh yang mudah dicapai sehingga mempermudah proses penyuntikkan.

Untuk menyuntikkan insulin di unsur tubuh yang satu ini, pilihlah lokasi di bawah tulang rusuk. Kemudian, ambil jaringan lemak salah satu kedua sisi pinggang dan pinggul. Usahakan untuk memungut jaringan lemak yang berjarak selama 5 hingga 6 cm dari pusar.

Di samping itu, hindari unsur perut yang mempunyai bekas luka, tahi lalat, atau cacat kulit. Hal ini karena sekian banyak kondisi tersebut dapat mengganggu penyerapan insulin. Agar penyerapannya lebih efektif, usahakan suntikkanlah segera sesudah Anda makan.

2. Lengan unsur atas

Di samping perut, lengan unsur atas menjadi salah satu tempat suntik insulin lainnya. Tidak laksana perut, suntikan insulin di unsur ini mempunyai kecepatan penyerapan yang lebih rendah. Nantinya, Anda bakal menyuntikkan insulin ke lokasi berlemak di unsur belakang lengan (daerah trisep), yaitu salah satu bahu dan siku.

Sebaiknya, suntikkan ke unsur lengan yang tidak dipakai dengan berpengaruh misalnya lengan kiri guna orang yang tidak kidal dan lengan kanan pada orang kidal. Salah satu kelemahan menyuntikkan ke unsur yang satu ini yakni tidak dapat dilakukan sendiri. Oleh sebab itu, kita butuh pertolongan orang lain guna menyuntikkannya.

3. Paha

Paha menjadi salah satu tempat suntik insulin yang sangat gampang dijangkau. Namun, tingkat penyerapan insulin di paha adalahyang sangat lambat dikomparasikan dengan unsur yang lain. Di samping itu, walau mudah dijangkau seringkali suntik insulin di paha menciptakan Anda merasa tak nyaman ketika berlari atau berjalan.

Sebaiknya, suntikkan di unsur depan paha di tengah-tengah antara lutut dan paha unsur atas. Bagi menyuntikkannya, ambil unsur depan paha yang berlemak selama 2,5 hingga 5 cm.

4. Punggung bawah atau pinggul

Bagian punggung bawah atau pinggul menjadi pilihan lokasi suntik insulin lainnya. Akan tetapi, sama dengan paha unsur pinggul, tempat ini menjadi lokasi yang penyerapannya sangat lambat. Di samping itu, Anda pun membutuhkan pertolongan orang lain guna menyuntikkannya sebab lokasinya yang sedang di belakang tubuh.

Posisi jarum nantinya ada di dekat bagian atas bokong salah satu pinggul. Persisnya, pada jarak antara tulang belakang dan samping di bawah pinggang.
Lokasi Suntik Insulin Ditubuh yang Dianjurkan Lokasi Suntik Insulin Ditubuh yang Dianjurkan Reviewed by akbar on April 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.