4 Mainan Edukasi Anak untuk Mengasah Kreativitas Si Kecil

4-Mainan-Edukasi-Anak-untuk-Mengasah-Kreativitas-Si-Kecil

Masa kanak-kanak adalah masa untuk bersenang-senang dengan berbagai mainan seperti squishy. Maka sangatlah wajar kalau anak-anak lebih menyukai bermain daripada belajar di kelas dengan serius. Namun, bagi orang tua aktivitas bermain anak dapat digunakan sebagai sarana belajar. Oleh karena itu, para orang tua bisa memberikan mainan anak edukatif yang bisa merangsang kreativitas dan imajinasi si kecil. 

Mainan Anak Edukatif 

Pada anak berusia 4 tahun, perkembangan serebrum yang mengendalikan perilaku manusia, misalnya pola pikir dan tindakan emosi mencapai tahap 80 persen. Hal ini terjadi juga pada anak-anak yang sedang bersekolah di taman kanak-kanak. Keingintahuan intelektual anak juga meningkat, sehingga masa ini adalah momen yang tepat untuk anak belajar mengenai kasih kepada orang lain. 

Dalam hal ini, penting untuk diingat ketika akan memilih mainan edukasi untuk anak Anda. Secara khusus, sangat baik kalau Anda memilih mainan yang memungkinkan anak mengembangkan kemampuannya dalam mengekspresikan diri, bekerja sama, berkomunikasi, mengembangkan kreativitas, berimajinasi, dan lain sebagainya. 

Adapun mainan anak edukatif selain squishy yang harus Anda miliki dalam menunjang keingintahuan intelektual anak Anda. Berikut beberapa mainan tersebut akan diuraikan di bawah ini. 

1. Gelembung Pelangi 

Gelembung pelangi atau rainbow bubbles dikenal sebagai mainan edukasi yang dapat membuat sensor tangan anak Anda lebih aktif dan kreatif. Melalui permainan ini si kecil dapat mempelajari berbagai warna. Adapun hal yang lebih penting, si kecil harus tahu kenapa gelembung bisa dihasilkan dari mainan tersebut. Permainan gelembung pelangi ini bisa dikatakan juga bagian dari pelajaran sains. 

2. Mainan Balok 

Berikan mainan balok pada anak Anda untuk menumbuhkan kreativitas sejak dini. Balok-balok yang Anda pilih bisa berbentuk kubus, persegi panjang, balok, segitiga, lingkaran, dan masih banyak lagi. Melalui mainan balok si kecil bisa membangun rumah-rumahan, gedung tinggi, serta bentuk-bentuk lainnya yang terlintas pada imajinasi anak. 

Selain itu, bermain balok susun bisa melatih saraf motorik halus serta melatih otot-otot tangan anak. Untuk menarik perhatian anak Anda terhadap permainan balok, pilih balok yang terbuat dari kayu dengan ragam warna yang menarik mata anak Anda. Karena sesuatu yang berwarna dan terlihat menarik biasanya langsung disukai anak-anak. 

3. Mainan Flash Card 

Flash card secara harfiah diartikan sebagai kartu bercahaya. Secara umum flashcard dikenal sebagai kartu yang biasa digunakan orang tua untuk membantu anaknya belajar mengenai berbagai hal. Flash card dikenal sebagai mainan anak yang edukatif karena didalamnya terdapat macam-macam warna seperti squishy, berbagai gambar, serta konten-konten yang mendidik. 

Sebagai contoh, flash card untuk anak berusia dibawah tiga tahun kontennya berisi jenis buah, binatang, anggota tubuh, dan pengetahuan dasar lainnya. Sedangkan untuk anak usia di atas tiga tahun bisa Anda berikan flash card angka, kosakata asing, dan abjad. 

4. Bermain Peran 

Bermain peran dapat dikatakan mainan anak edukatif karena mengajarkan anak untuk berinteraksi, berkomunikasi, berimajinasi, dan berpikir kreatif. Bermain peran penting untuk dikenalkan pada anak berusia 3 – 5 tahun. Pada masa ini anak cenderung menjadi peniru ulung. 

Di mana anak akan meniru segala sesuatu yang terjadi disekitarnya. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk bermain peran bersama si kecil seperti saat masak-masakan atau dokter-dokteran. 

Nah, demikianlah beberapa mainan anak edukatif yang wajib Anda miliki demi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Mainan anak edukatif di atas bisa ditambah aksesoris lainnya bila dirasa perlu. Seperti memberikan squishy untuk melatih otot-otot tangan anak serta mengendalikan rasa bosan dengan cara memencet atau meremas squishy tersebut.
4 Mainan Edukasi Anak untuk Mengasah Kreativitas Si Kecil 4 Mainan Edukasi Anak untuk Mengasah Kreativitas Si Kecil Reviewed by akbar on Mei 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.