Cara Minum Obat yang Benar dan Aman


Walau badan lemah, Anda tidak disarankan untuk minum obat sekalian tiduran. Khususnya pada obat yang berupa pil atau kapsul. Obat type ini, bahkan juga tidak diminum sekalian tidur juga seringkali terlibat di kerongkongan. 

Obat yang terlibat ini bukan sekedar membuat tenggorokan Anda berasa tidak nyaman. Obat yang terlibat ini bisa melepas bahan kimia yang dikandungnya hingga mengiritasi susunan kerongkongan. Mengakibatkan, susunan akan terluka, berlubang (perforasi), berdarah, maupun menyempit. 

Menurut John Hopkins Medicine, ada banyak orang dengan situasi tersendiri yang beresiko alami permasalahan pada kerongkongan bila minum obat sekalian tiduran, diantaranya: 

  • Orang dengan striktur (penyempitan kerongkongan) 
  • Orang yang mempunyai scleroderma (pengerasan kulit) 
  • Orang yang punyai achalasia (kegiatan otot tidak teratur kerongkongan yang tunda perjalanan makanan) 
  • Orang dengan stroke 

Tidak hanya permasalahan pada kerongkongan, minum obat pil sekalian berbaring dapat mengakibatkan Anda tersedak. Ini Anda melepehkan kembali obat yang Anda minum. 

Tidak hanya tidak minum obat sekalian tiduran, ada banyak ketentuan minum obat yang lain yang butuh Anda lihat, salah satunya: 

1. Baca tetap ketentuan gunakan 

Tiap obat mempunyai ketentuan minum yang berlainan. Janganlah sesekali minum obat tanpa ada membaca lebih dulu ketentuan pakainya. Masalahnya sikap Anda yang asal-asalan ini bisa mengakibatkan waktu minum serta dosis obat yang tidak pas. 

2. Janganlah minum melewati dosis 

Minum obat melewati dosis tidak membuat badan Anda sehat bertambah cepat. Sebaliknya, resikonya yang Anda alami akan makin bertambah kronis. 

3. Tidak mencampurkan obat dengan cairan lain 

Tidak hanya tidak minum obat sekalian tiduran, minum obat yang terbaik memakai air putih, bukan teh, susu, atau alkohol. Minuman tidak hanya air putih memiliki kandungan cafein atau zat yang lain yang dapat kurangi efektivitas obat. Bahkan juga memunculkan resikonya yang lebih mencemaskan. 

4. Konsultasi dengan dokter 

Penyakit mudah seperti flu atau pilek umumnya lebih gampang diobati. Tetapi, bila Anda terserang penyakit ini dibarengi permasalahan medis lain, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, hipertensi, atau permasalahan pada hati semestinya konsultasi lebih dulu sebelum memakai obat tersendiri.
Cara Minum Obat yang Benar dan Aman Cara Minum Obat yang Benar dan Aman Reviewed by akbar on Mei 11, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.