Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif Selama Ramadhan

Lakukan-Hal-Ini-Agar-Tetap-Produktif-Selama-Ramadhan

Bagi muslim, selama bulan ramadan wajib menjalankan ibadah puasa. Tidak adanya makanan maupun minuman yang kita konsumsi seharian tentunya akan membuat perut mudah keroncongan dan merasa lebih lesu. Alhasil ini akan membuat kita menjadi lebih malas untuk melakukan sesuatu dan pada akhirnya berdampak pada produktivitas kita nantinya. 

Namun, perlu diketahui bahwa dengan menjalankan puasa bukan berarti kita boleh malas-malasan dan membuat aktivitas lain menjadi terhambat untuk dilakukan. Untuk mencegah Anda tidak produktif selama berpuasa, maka Anda harus tetap beraktivitas seperti biasa agar terhindar dari kebiasaan buruk bermalas-malasan. 

Tetap Produktif Selama Ramadan 

Lantas, apa saja hal-hal yang dapat Anda dilakukan agar tetap produktif selama bulan puasa? Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Melakukan Olahraga Ringan 

Salah satu kegiatan yang dapat membuat Anda tetap produktif dan menjadi semangat selama berpuasa adalah dengan berolahraga. Mungkin Anda berpikir bahwa dengan berolahraga akan membuat perut semakin keroncongan dan mudah haus. Padahal, dengan melakukan olahraga mood menjadi lebih baik dan meningkatkan energi Anda selama di bulan ramadan ini. Oleh karena itu setelah menjalankan shalat shubuh, cobalah untuk melakukan olahraga ringan. 

Selama bulan puasa ada baiknya Anda memilih olahraga ringan agar tidak menguras terlalu banyak energi. Olahraga ringan lebih membuat tubuh Anda menjadi segar dan siap melakukan aktivitas lain di pagi hari lebih semangat. Dibanding tidur setelah sahur yang akan membuat mood menjadi lebih buruk dan tidak bersemangat di pagi hari, maka lebih baik berolahraga saja. 

2. Membaca Buku atau Kitab Suci Al-Quran 

Hal lainnya yang dapat membuat Anda tetap produktif ialah dengan membuka lembaran buku dan membacanya. Sambil menunggu buka puasa tiba, Anda dapat mencari buku-buku yang menarik untuk dibaca agar menunggu buka puasa tidak terasa lebih lama. Selain dapat membuat Anda tetap produktif selama berpuasa, Anda juga dapat menambah pengetahuan baru dengan membaca buku. 

Selain membaca buku, Anda dapat membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Selain dapat membuat Anda menambah ibadah selama berpuasa, dengan membaca Al-Quran Anda dapat menjadi lebih produktif selama berpuasa. Targetkan untuk membaca Al-Quran setiap harinya agar dapat mengkhatamkannya sebelum bulan puasa berakhir. 

3. Memasak Menu Buka Puasa di Rumah 

Di bulan puasa biasanya Anda menjadi lebih sering untuk makan di luar atau bahkan menggunakan layanan pesan antar makanan daripada memasak. Hal ini akan membuat Anda menjadi malas dan kurang produktif. Jadi ada baiknya Anda mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan memasak sendiri menu buka puasa di rumah. Dengan memasak, Anda dapat menjadi lebih produktif dan tentunya dapat lebih menghemat pengeluaran. 

Di bulan puasa ini, Anda dapat menjadikan momen memasak di rumah untuk meningkatkan kemampuan memasak. Anda pun dapat mencoba untuk melakukan eksperimen di dapur untuk menyajikan menu buka puasa yang lezat untuk keluarga tercinta Anda di rumah. Tidak ada salahnya juga meminta anggota keluarga di rumah untuk memilih menu yang ingin disantap saat puasa nanti. 

Itulah beberapa hal-hal yang dapat Anda lakukan selama di bulan ramadan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, maka Anda dapat menjadi lebih produktif dan tentunya lebih bersemangat dalam menjalankan bulan puasa di tahun ini. Jangan jadikan bulan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan menjadi tidak produktif. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membuat Anda menjadi lebih produktif. 
Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif Selama Ramadhan Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif Selama Ramadhan Reviewed by akbar on Mei 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.