Anda Harus Tahu, Inilah 4 Sumber Pendanaan untuk Modal Usaha

Anda-Harus-Tahu-Inilah-4-Sumber-Pendanaan-untuk-Modal-Usaha

Ketika memiliki sebuah usaha, hal terpenting yang harus dilakukan adalah meningkatkan performa dan profit usaha. Salah satu problematika ketika ingin mengembangkan usaha adalah ketersediaan modal. Nah sebenarnya banyak sumber-sumber pendanaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memperbesar usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan kredit modal usaha yang kini sudah banyak tersedia. 

Penting sekali bagi Anda sebagai pemilik usaha, untuk melihat peluang dan menyusun strategi. Terutama yang berkaitan dengan permodalan. Ketika melihat peluang sebuah modal usaha, memang Anda harus jeli dalam mempertimbangkan seperti faktor peluang dan risiko, kemampuan perusahaan untuk mengembalikan cicilan, sampai kemampuan usaha dalam mengelola modal usaha. 

Jangan sampai usaha atau bisnis yang semula ingin mengembangkan produksi ataupun pasar, malah terbebani oleh pengembalian modal. Maka pilihlah penyedia modal yang tepat disesuaikan dengan jenis perusahaan, kebutuhan, model produksi, sampai tujuan perusahaan. 

Sumber Pendanaan untuk Usaha 

Nah, apa saja sih sumber pendanaan untuk mengembangkan usaha? Yuk langsung disimak penjelasannya! 

1. Penjualan Aset 

Jika Anda menginginkan modal dalam bentuk fresh money, pilihan menjual aset bisa Anda pertimbangkan. Misalnya Anda memiliki aset mesin-mesin produksi yang sudah lama. Anda dapat menjual aset tersebut untuk kemudian digunakan sebagai modal pengembangan usaha. Tapi ingat, Anda tidak boleh sembarangan menjual aset dan wajib hukumnya untuk memperhitungkan untung rugi, harga jual, dan harga beli sebuah aset 

2. Kredit Modal untuk Usaha dari Bank 

Ini merupakan sumber pendanaan yang paling banyak dipilih oleh setiap pelaku usaha. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih diantara dua jenis kredit yaitu Kredit Multi Guna (KMG) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kedua kredit ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Anda harus memilih pinjaman yang tidak memiliki bunga besar dan pilihlah pendanaan untuk modal usaha. Biasanya ketika kredit untuk modal usaha akan memiliki bunga yang lebih kecil dan ada kebijakan tertentu yang tidak didapatkan oleh jenis kredit yang lain. 

3. Kredit modal usaha non bank 

Sekarang banyak ditemukan berbagai penyedia kredit modal untuk usaha yang berasal dari non bank. Sehingga pembiayaannya akan diberikan oleh lembaga yang memiliki sumber daya untuk permodalan. Jenisnya biasanya macam-macam mulai dari modal untuk kegiatan sehari-hari proses produksi, pembelian peralatan, sampai modal awal usaha. 

Anda tinggal memilih lembaga yang terpercaya. Keuntungan jika menggunakan layanan pendanaan dari non-bank adalah prosesnya lebih cepat. Jadi jika Anda membutuhkan modal dalam waktu singkat, Anda bisa menjadikan ini sebagai bahan pertimbangan. 

4. Crowdfunding dan Investor 

Anda bisa menggunakan layanan pendanaan massal yang tersedia secara gratis di internet. Anda bisa membuat iklan mengenai usaha yang dirintis dan kesempatan bagi banyak orang untuk menjadi donatur maupun investor dari usaha Anda. Biasanya ini digunakan untuk usaha yang masih dalam bentuk start up. Atau jika usaha Anda sudah berprospek dengan baik, maka Anda bisa menawarkan kepada calon investor. 

Demikianlah tips mengenai sumber-sumber pendanaan untuk usaha yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda memang benar-benar ingin mengembangkan usaha maka mulailah berani untuk mencari tambahan dana. Jika menunggu datangnya modal, maka bisa jadi usaha akan kalah saing dengan pendatang-pendatang baru. 

Gunakan sumber-sumber pendanaan dengan sebaik mungkin karena hal tersebut merupakan peluang yang patut untuk dicoba. Terutama dengan memilih kredit modal usaha yang dapat memberikan angin segar bagi keberlanjutan usaha yang tengah Anda rintis..
Anda Harus Tahu, Inilah 4 Sumber Pendanaan untuk Modal Usaha Anda Harus Tahu, Inilah 4 Sumber Pendanaan untuk Modal Usaha Reviewed by akbar on September 08, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.