Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Jasa Fintech Pinjaman Dana?


Tertarik untuk menggunakan jasa fintech pinjaman dana? Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Kredivo. Selain limitnya bisa sampai Rp 30 juta, suku bunga Kredivo juga hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman dana tunai. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan Kredivo untuk belanja cicilan di merchant offline atau e-commerce seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, tanpa perlu kartu kredit dan juga tanpa uang muka! 

Namun, saat ini, belum banyak orang yang paham soal cara kerja fintech dan bagaimana cara pengajuan pinjamannya. Selain itu yang terpenting, banyak juga yang belum tahu, kapan waktu ideal untuk menggunakan jasa fintech pinjaman dana. Sebab, tentu saja, menggunakan fintech harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan alasan tertentu. Tujuannya tentu supaya kamu bisa merasakan manfaat dari fintech itu sendiri, bukan sebaliknya, malah bikin sulit kondisi keuangan. 

Ketika punya kebutuhan mendesak 

Definisi untuk kebutuhan mendesak yang dimaksud di sini adalah kebutuhan yang datang mendadak dan jika tidak dipenuhi segera akan berisiko atau menghambat aktivitas lainnya. Misal, untuk keperluan rumah sakit, kendaraan rusak, dan sejenisnya. Kebutuhan sejenis ini juga kemungkinan besar tidak akan terulang di bulan berikutnya. Inilah makanya kenapa, pinjam dana ke fintech untuk tujuan yang satu ini masih termasuk ideal. Di bulan berikutnya, kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk angsuran pinjaman sesuai jumlah dan masa tenor yang disepakati. 

Selain daftarnya mudah dan pencairannya cepat, jumlah pinjamannya juga bervariasi untuk setiap fintech. Dengan Kredivo misalnya, untuk limit kreditnya sendiri Kredivo maksimal bisa memberikan hingga Rp 30 juta. Limit yang berbentuk nontunai ini bisa digunakan untuk pinjaman dana tunai ataupun untuk belanja cicilan online di berbagai e-commerce dan merchant yang sudah bermitra. 

Kalau mau dicairkan jadi pinjaman tunai, kamu tinggal manfaatkan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di aplikasi Kredivo. Pinjaman mini berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal Rp500.000 dengan tenor maksimal 30 hari. Sedangkan pinjaman jumbo berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal Rp 1 juta dengan tenor 3 bulan atau maksimal 6 bulan. Pinjaman akan langsung cair ke rekening yang kamu daftarkan dalam waktu 1 hari kerja jika pengajuan pinjamanmu sudah disetujui oleh Kredivo. 

Nah, bagaimana kalau di tanggal tua, uang gaji sudah sangat menipis untuk kebutuhan sehari-hari? Apa ini termasuk kondisi mendesak yang ideal untuk bisa pinjam dana tunai ke fintech? Tentu nggak. Sebab, kebutuhan primer sehari-hari seperti makan, transport, dan sejenisnya adalah kebutuhan yang sifatnya repetitif atau berulang. Apabila kamu mengandalkan pinjaman online, tentu lebih berisiko tinggi terjadi kredit macet & berujung gali lubang tutup lubang. Kalau sudah begini, manfaat dari fintech itu sendiri tidak bisa kamu dapatkan. 

Ketika ingin membuka usaha kecil-kecilan 

Bikin usaha dari modal pinjaman? Memang boleh? 

Boleh aja kok. Dengan catatan, kamu sudah punya perencanaan yang matang terkait dengan jenis usaha yang mau kamu lakukan. Nggak harus bisnis yang besar saja yang perlu perencanaan matang, bisnis kecil-kecilan juga wajib hukumnya untuk direncanakan dengan benar dari awal. Untuk jenis usaha kecil-kecilan yang membutuhkan modal Rp 1 juta sampai Rp 7 jutaan, fintech seperti Kredivo bisa jadi lembaga yang tepat untuk pinjam dana karena persyaratannya pengajuannya lebih mudah dibandingkan dengan KTA atau Kredit Multiguna. 

Untuk daftar akun Premium Kredivo, kamu hanya membutuhkan KTP asli, akun internet banking sebagai bukti penghasilan, dan akun e-commerce yang aktif sebagai bukti domisili. Persyaratan untuk daftarnya antara lain: pendaftar wajib berusia minimal 18 tahun, berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, serta memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta. Kemudian, kamu wajib daftar akun Kredivo melalui aplikasinya yang bisa didownload di Google Play Store atau App Store. 

Sebagai tips, apabila pinjam uang untuk modal usaha, masukkan juga alokasi dana untuk tabungan atau simpanan sejumlah angsuran pinjaman untuk 3 bulan ya. Ini untuk berjaga-jaga apabila usaha yang kamu jalani belum bisa mendatangkan untung, sehingga tidak terjadi kredit macet. 

Ketika beban utang belum mencapai 30% total penghasilan 

Yang harus selalu perlu diingat sebelum apply cicilan atau kredit adalah kondisi keuangan saat ini, terutama seberapa besar beban utang yang sudah dimiliki? Apabila sudah punya lebih dari 1 cicilan berjalan atau sudah memakan 30% total penghasilan, sebaiknya setop sementara apply kredit atau cicilan lainnya. Misal, pemasukan bulanan kamu sebesar Rp 5 juta. Lalu, uang yang dialokasikan untuk bayar angsuran kredit per bulannya sudah mencapai Rp 1,5 juta. Demi kesehatan keuangan, kamu tidak disarankan mengajukan pinjaman lainnya. Namun, jika belum punya kredit atau utang sama sekali, boleh aja coba gunakan jasa fintech asalkan tujuannya jelas & bisa konsisten dalam membayar angsurannya. 

Ketika belum memiliki akses kredit sama sekali 

Selain mengajukan kartu kredit ke bank, fintech seperti Kredivo juga bisa menjadi instrumen yang tepat untuk kamu yang ingin memulai membangun skor kredit sendiri. Skor kredit akan sangat berguna di masa depan apabila kamu mengajukan pinjaman seperti KTA atau multiguna untuk berbagai tujuan. Jangan khawatir, per Mei 2019, total ada sekitar 113 fintech, termasuk Kredivo yang sudah terdaftar sebagai fintech legal di Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, sudah layak dan aman untuk digunakan! 
Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Jasa Fintech Pinjaman Dana? Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Jasa Fintech Pinjaman Dana? Reviewed by akbar on September 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.