Pentingnya Bekerjasama dengan Broker Asuransi

Pentingnya-Bekerjasama-dengan-Broker-Asuransi

Kerugian finansial merupakan masalah serius bagi perusahaan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah perusahaan sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan, ketidak cukupan atau kekurangan modal, serta pengeluaran tidak terkendali, termasuk ketika adanya terjadi bencana alam ataupun wabah penyakit. Faktor-faktor tersebut tentunya tidak hanya dapat dialami oleh perusahan kecil atau berkembang. Perusahaan besar pun tidak memiliki jaminan dapat terhindar dari masalah tersebut.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mencari solusi atas dukungan finansial untuk mengurangi beban keuangan perusahaan. Selain itu, untuk meminimalkan risiko kerugian finansial maka perusahaan dapat membeli asuransi bisnis.

Manfaat memiliki asuransi bisnis adalah perusahaan dapat mengajukan klaim sesuai manfaat polis asuransi dan dari jumlah nilai klaim yang disetujui dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dapat membantu mengurangi kerugian finansial bisnis perusahaan apabila terjadi risiko. Memilih jenis asuransi bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan risiko bisnis dapat dilakukan melalui kerjasama dengan broker asuransi yang profesional dan memiliki tim ahli dalam mengidentifikasi risiko karena setiap perusahaan memiliki risiko bisnis yang unik dan berbeda.

Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah) untuk membantu mengidentifikasi risiko bisnis dan memberikan solusi pilihan asuransi bisnis dan manfaatnya sesuai kebutuhan dan risiko bisnis, serta akan membantu menyediakan konsultasi jika terjadi klaim.

Adapun peran dan tugasnya adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan identifikasi risiko terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  2. Memiliki afiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi (penanggung).
  3. Membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) yang aman bagi klien (tertanggung), mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien (tertanggung).
  5. Selama polis berjalan, broker asuransi wajib membantu pemegang polis atau tertanggung dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi, serta menginformasikan perkembangan status klaim atau manfaat, dan besarnya nilai klaim atau manfaat yang disetujui.
  6. Broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program selama polis masih berjalan.
  7. Wajib melakukan peninjauan atas kredibilitas Perusahaan Asuransi dari berbagai aspek termasuk aspek finansial dan kemampuan/kapasitas dalam menerima risiko tertentu.
Fungsi dari broker asuransi di atas haruslah menjadi patokan dalam pemilihan broker asuransi. Karena nantinya broker asuransi akan menjadi penghubung dan memudahkan perusahaan baik untuk identifikasi risiko hingga klaim polis kepada perusahaan asuransi.

Pilihlah broker asuransi yang resmi dan berpengalaman seperti Marsh Indonesia. Marsh merupakan perusahaan broker asuransi terkemuka dan memiliki tim yang sudah sangat berpengalaman dalam membantu ribuan perusahaan di Indonesia untuk mengidentifikasi dan menjamin risiko dengan asuransi bisnis yang tepat agar bisnis berjalan lancar dan berkembang, serta risiko kerugian secara finansial bisa diminimalisir.
Pentingnya Bekerjasama dengan Broker Asuransi Pentingnya Bekerjasama dengan Broker Asuransi Reviewed by akbar on Mei 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.