5 Pertimbangan untuk Terapi Akupuntur


Terapi akupuntur telah dikenal lama karena merupakan salah satu terapi pengobatan tradisional dari Negeri Tirai Bambu. Terapi akupuntur dibedakan menjadi dua yaitu akupuntur tradisional dan akupuntur medik. Salah satu rumah sakit yang menyediakan terapi akupuntur medik adalah RSPI Bintaro.
 
Akupuntur medik menggunakan fisiologi tubuh dan ilmu anatomi dalam terapi sistem saraf, otot serta organ tertentu. Teknik pengobatan ini menjadi salah satu terapi dampingan atau tambahan untuk terapi yang dijalankan seseorang. Apabila Anda atau anggota keluarga Anda membutuhkan terapi dampingan, maka akupuntur dapat menjadi alternatifnya.
 

Mempertimbangkan Terapi Akupuntur

Terapi akupuntur tentu akan lebih aman dengan praktisi spesialis akupuntur. Untuk mempertimbangkannya, Anda dapat melihat profil dokter-dokter spesialis akupuntur di RSPI Bintaro melalui www.halodoc.com. Situs ini menyediakan layanan untuk mengetahui pengalaman dan tempat praktik dokter spesialis disertai nomor telepon rumah sakit atau klinik yang dapat dihubungi.
 
Anda juga dapat berkonsultasi sebelum memulai terapi terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan berkonsultasi atau terapi akupuntur:
 

1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang dapat dibantu dengan terapi akupuntur adalah migrain dan sakit kepala karena tegang. Saat sakit kepala semakin menjadi dan mengganggu aktivitas Anda, padahal sudah terapi obat dari dokter, Anda dapat mempertimbangkan terapi akupuntur.
 
Terapi akan dilakukan tergantung pada kondisi Anda. Selain itu, sebelum dimulai terapi, Anda juga harus melakukan pemeriksaan dasar. Oleh karena itu, saat akan melakukan konsultasi buatlah daftar pertanyaan dan kondisi tubuh Anda yang sebenarnya.
 

2. Terapi Pendamping Stroke

Terapi akupuntur dapat membantu dalam pengobatan stroke, terutama pergerakan otot. Pilihlah dokter yang telah memiliki sertifikasi atau mengambil keahlian di bidang ini, sehingga terapi medik akan lebih aman. Di RSPI Bintaro, klinik akupuntur memiliki dua dokter ahli akupuntur yang dapat Anda pilih untuk melakukan terapi.
 

3. Radang Sendi

Akupuntur juga dapat membantu dalam pengobatan radang sendi atau osteoarthritis. Saat seseorang mengalami hal ini, beberapa bagian sendiri akan mengalami bengkak, kaku, dan sakit saat digerakkan.
 
Pasien mengalami osteoarthritis karena pernah kecelakaan, menopause, atau obesitas. Osteoarthritis juga dapat dialami oleh orang yang mengidap penyakit hemokromatosis yaitu kondisi terlalu banyak memiliki zat besi. Di sisi lain, osteoarthritis juga dapat dimiliki seseorang karena keturunan atau kelainan bawaan.
 
Radang sendi ini tentu mengganggu gerak dan aktifitas Anda. Oleh karena itu, pendampingan terapi akupuntur dibutuhkan.
 

4. Pendamping Kemoterapi

Akupuntur medik dapat digunakan untuk membantu dalam kemoterapi pada pengobatan kanker. Salah satunya adalah pada kemoterapi kanker payudara. Pada terapi tersebut, pasien akan mengalami efek samping seperti nyeri sendi dan tulang, merasa lemah atau fatigue, hingga ada penurunan kemampuan pada saraf peraba.
 
Kemoterapi menyebabkan struktur saraf lain yang terkena menjadi kacau. Oleh karena itu, efek sampingnya tidak terlalu baik untuk badan. Dengan adanya akupuntur medik, efek samping ini dapat diringankan.
 
Akupuntur medik membantu meringankan nyeri sendi, mengembalikan sedikit demi sedikit saraf indera peraba, dan meringankan fatigue pada badan sehingga fisik akan terasa lebih bertenaga. Dengan demikian, pasien akan lebih kuat serta memiliki motivasi semakin baik.
 

5. Mengalami Nyeri Wajah

Nyeri wajah atau neuralgia trigeminal merupakan suatu nyeri yang dapat muncul berkali-kali dan tiba-tiba pada seseorang. Nyeri dan sakit akan terasa ketika sedang melakukan aktivitas terkait dengan wajah seperti saat makan, berbicara, menggerakkan kepala, menelan, atau hanya sentuhan ringan.
 
Selain terapi pengobatan dokter, Anda juga dapat menggunakan akupunktur medik untuk membantu mempercepat meringankan sakit dan menyembuhkannya.
 
Terapi akupunktur medik dilakukan oleh dokter profesional yang berpengalaman. RSPI Bintaro memiliki klinik akupuntur khusus yang tentu akan lebih aman dan profesional.
5 Pertimbangan untuk Terapi Akupuntur 5 Pertimbangan untuk Terapi Akupuntur Reviewed by akbar on September 04, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.