6 Perlengkapan yang Harus Ada Ketika Mengganti Popok Bayi, Wajib Catat!

Popok menjadi salah satu kebutuhan penting bagi si Kecil, karena berfungsi untuk menampung air kencing atau kotoran bayi. Popok perlu diganti secara rutin, karena popok yang penuh membuat si Kecil tak nyaman dan rewel.
 
Namun sebelum mengganti popok, terdapat beberapa perlengkapan penting yang perlu dipersiapkan agar Anda tak kerepotan dan meninggalkan bayi terlalu lama. Apa saja perlengkapan ganti popok bayi? Simak daftar lengkapnya di bawah ini!
 

1. Popok

Perlengkapan utama yang tentu wajib ada ketika mengganti popok adalah popok bayi. Baik itu popok sekali pakai (diapers), popok kain, atau clodi, Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu popok yang akan digunakan untuk mengganti. Jika Anda menggunakan diapers sachet, tak lupa buka bungkus popok terlebih dahulu agar tak kerepotan.
 

2. Baskom dan Handuk

Untuk membersihkan alat kelamin dan bokong si Kecil, Anda perlu menyiapkan baskom berisi air hangat dan dua handuk kecil. Satu handuk untuk menyeka dan satu handuk lagi untuk mengeringkan. Jika tidak, Anda juga dapat mengeringkan dengan menggunakan tisu.
 

3. Wadah Popok Kotor

Banyak ibu yang tidak memisahkan tempat sampah popok dengan tempat sampah lainnya. Padahal, memisahkan popok di tempat sampah khusus popok kotor terbilang lebih efektif dan lebih higienis karena tidak bercampur dengan sampah lainnya.
 
Pilih tempat sampah khusus popok kotor yang kedap udara, sehingga aroma tak sedap tidak akan tercium ke seluruh ruangan. Apabila Anda menggunakan popok kain atau clodi, pilih tempat sampah yang mudah dicuci dan dibersihkan.
 

4. Perlak

Agar tidak mengotori kasur, Anda juga perlu mempersiapkan perlak atau alas ganti. Dengan menggunakan perlak, proses mengganti popok pun menjadi lebih mudah dan tidak membuat rewel si Kecil.
 

5. Krim Anti Ruam

Apabila si Kecil perlu perawatan khusus seperti perawatan ruam popok, Anda juga perlu mempersiapkan krim anti ruam ketika proses mengganti popok.
 

6. Baju dan Celana

Anda juga perlu mempersiapkan baju dan celana untuk berjaga-jaga apabila baju dan celana si Kecil ikut kotor terkena air kencing atau kotoran. Jika memang tidak terpakai, Anda dapat mengembalikan baju dan celana kembali ke dalam lemari atau tetap menaruhnya untuk berjaga-jaga nanti ketika Anda mengganti popok kembali.
 

Inilah Urutan Mengganti Popok yang Benar

  • Mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan air mengalir dan sabun
  • Baringkan si Kecil di permukaan yang lembut, rata, dan aman
  • Lepaskan popok dengan memegang kedua pergelangan kaki dan mengangkat pantat si Kecil
  • Ambil dan lipat popok hingga menutupi bagian kotor lalu sisihkan di wadah khusus popok kotor
  • Bersihkan area alat kelamin dan bokong si Kecil, seka dari arah depan ke belakang lalu keringkan hingga benar-benar kering
  • Oleskan krim anti ruam bila perlu
  • Selipkan popok bersih lalu pakaikan ke si Kecil
 
Demikianlah daftar perlengkapan yang wajib ada ketika mengganti popok bayi, agar Anda tak lagi kerepotan ketika mengganti popok si Kecil.

6 Perlengkapan yang Harus Ada Ketika Mengganti Popok Bayi, Wajib Catat! 6 Perlengkapan yang Harus Ada Ketika Mengganti Popok Bayi, Wajib Catat! Reviewed by akbar on November 24, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.