5 Tips Membeli Kamera DSLR Agar Tidak Kecewa


Membeli kamera DSLR untuk kebutuhan hobi terkadang dapat membuat bingung, apalagi jika belum berpengalaman membeli kamera sebelumnya. Ketika pertama kali membeli kamera memang perlu hati-hati, sebab apabila salah beli bisa jadi tidak terpakai dan jadi sia-sia.

Memilih kamera membutuhkan riset mendalam dan tidak dapat diputuskan dalam waktu singkat. Kamera yang Anda pilih harus sesuai dengan preferensi pribadi bukan menjadikan orang lain sebagai patokan. Sebab yang menggunakan adalah Anda sendiri bukan orang lain.

Tips Membeli Kamera untuk Pemula

Ketika membeli kamera sebaiknya tidak terburu-buru dan lakukan riset terlebih dahulu. Ketika Anda ingin mendapatkan kamera dengan kualitas terbaik, maka harus memperhatikan kebutuhan dan peruntukan kamera tersebut. Tips berikut mungkin dapat membantu:

1. Tujuan Membeli Kamera

Sebelum memutuskan membeli kamera, Anda harus tahu dahulu apa tujuan Anda membeli. Tanyakan kepada diri sendiri apa alasan membeli kamera. Apakah karena tuntutan pekerjaan atau sekadar hobi saja?

Apabila Anda membeli untuk kebutuhan pekerjaan atau ingin mendalami dunia fotografi, maka pilih kamera dengan spesifikasi, seperti DSLR semipro. Namun, apabila hanya untuk penggunaan pribadi sekadar hobi semata beli yang basic saja.

2. Pahami Jenis Kamera Terlebih Dahulu

Kamera DSLR ada berbagai jenisnya sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ketika ingin mendalami fotografi, Anda harus tahu dulu apakah ingin memilih foto portrait, landscape, atau jenis lainnya. Sebab masing-masing akan membutuhkan preferensi dan tone berbeda.

Apabila Anda membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen saat traveling, maka perlu memilih kamera untuk landscape dengan beban yang ringan. Selain itu, harus mampu memunculkan gambar tajam dengan warna maksimal. Ini salah satu contohnya.

3. Kebutuhan Harus Disesuaikan dengan Budget

Salah satu faktor yang mempengaruhi ketika Anda membeli kamera adalah dana. Uang yang diperuntukkan membeli kamera harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab harga sebuah kamera tidak bisa dikatakan murah. Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar, apalagi jika menambah aksesoris.

Oleh sebab itu, siapkan budget dulu. Cek beberapa toko untuk membandingkan harga. Anda dapat melakukannya dengan mengecek di marketplace karena akan lebih mudah membandingkan harga dengan cara ini. Selain itu, juga akan hemat waktu dan lebih murah bila memanfaatkan diskonnya.

4. Ketahui dan Kenali Merek Kamera

Ada banyak produsen pembuat kamera dan brand di pasaran bukan hanya satu-dua saja. Setiap brand memiliki keunggulan tersendiri sehingga Anda wajib mengenali mengenai merek kamera dan apa saja kelebihannya. Paling penting adalah mengetahui keawetan dan layanan service-nya.

Memilih merek kamera bukan hanya asal terkenal saja, tapi perlu diperhatikan apakah keuntungan yang ditawarkan juga kekurangannya. Pastikan Anda melakukan riset untuk beberapa merek terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

5. Ukuran dan Model

Ukuran kamera dan modelnya menjadi hal penting juga untuk diperhatikan. Kedua hal ini harus mendukung kebutuhan Anda. Ukuran yang nyaman di pegangan tangan dapat membuat Anda mudah mengatur posisi saat memotret sehingga mendapatkan hasil terbaik.

Model yang sesuai dengan kebutuhan terutama fitur di dalamnya juga menjadi pertimbangan saat membeli. Sebab memilih model yang salah dapat mengakibatkan Anda tidak mendapatkan fitur yang dibutuhkan dan diinginkan.

Selain itu, pemilihan aksesoris juga akan berpengaruh pada kenyamanan penggunaan. Aksesoris yang dibutuhkan seperti dudukan kamera, tas kamera, lensa jarak jauh, lampu, dan lain sebagainya.

Mendukung diri mengembangkan hobi fotografi dengan memilih kamera DSLR yang tepat memang sangat baik. Namun, ketika membeli jangan serampangan. Lakukan perhitungan matang mengenai kebutuhan, merek, juga dana yang Anda miliki.
5 Tips Membeli Kamera DSLR Agar Tidak Kecewa 5 Tips Membeli Kamera DSLR Agar Tidak Kecewa Reviewed by akbar on Februari 15, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.