6 Tips Memilih Tempat Donasi Terpercaya



Memiliki pendapatan yang cukup dan bahkan lebih membuat banyak dari kita ingin berbagi kepada sesama, juga pada mereka yang sedang membutuhkan. Dari mulai donasi Baznas sampai melalui media lainnya bisa Anda pilih untuk berdonasi, menyumbangkan sedikit rezeki dalam bentuk apa pun. Seperti uang atau bahan pangan.

Sayangnya, banyak sekali tempat, lembaga, atau pun yayasan yang kurang terpercaya. Banyak pula yang memanfaatkan niat baik para donatur dan menggunakan uang donasi untuk kepentingan pribadi. Maka sebagai donatur atau Anda yang memiliki keinginan memberi sumbangan harus teliti dan bijak dalam memilih tempat donasi.

Cara Memilih Tempat Donasi yang Benar

Ini dia beberapa tips untuk Anda agar memilih tempat berdonasi yang sesuai dan memanfaatkan

1. Tanya pada Teman atau Kenalan

Paling mudah dengan menanyakan pada teman, kenalan, atau juga keluarga yang pernah melakukan donasi sebelumnya. Biasanya setiap orang memiliki tempat tujuan donasi berbeda yang menurut mereka paling amanah dan bisa dipercaya karena sudah terbukti lebih dulu. Lebih bagus jika memang memiliki teman atau kenalan yang mempunyai program berbagi ke sesama.

2. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Setelah mendapat rekomendasi dari teman atau juga kenalan, mau pun Anda mencarinya sendiri melalui internet dan media sosial, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat, yayasan, atau lembaga tersebut. Biasanya akan lebih mudah mencari informasi seputar tempat donasi terkait bila tempat tersebut sudah terpercaya seperti donasi Baznas dan semacamnya. Informasinya bisa didapat di mana-mana.

3. Lihat Latar Belakang Lembaga

Selanjutnya jangan lupa untuk melihat latar belakang lembaga atau yayasan yang dipilih. Siapa pendirinya dan apa saja kegiatan ataupun program yang mereka lakukan. Mekanisme serta sistem penggunaan uang donasi dari para donatur digunakan dengan bagaimana. Apakah terbuka dan apakah sesuai. Banyak sekali pihak penerima donasi yang sengaja menutup hal tersebut dan malah menggunakan hasil donasi asal-asalan.

4. Cek di Media Sosial

Karena media sosial kini sangat berperan penting dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan, segala macam informasi mengenai apa pun bisa didapatkan melalui media sosial.

Anda bisa cari opini atau juga cerita para pengguna media sosial mengenai kegiatan donasi di tempat tersebut. Saat ini cukup mudah untuk tahu apakah tempat berdonasi bisa dipercaya atau tidak melalui berbagai media sosial.

5. Hindari Langsung Percaya Begitu Saja

Kemudian yang perlu diterapkan ialah untuk tidak langsung percaya begitu saja pada lembaga maupun yayasan yang membuka penerimaan donasi, meski sudah memiliki nama, atau programnya sudah cukup terkenal. Anda bisa bertanya pada pihak mereka lebih rinci dan perhatikan program donasi yang mereka buka seperti apa.

6. Datangi Kantor atau Tempatnya Secara Langsung

Terbaik tentu mendatangi kantornya. Contoh kecil, mengunjungi yayasan atau panti asuhan dan langsung berikan sumbangan sambil bertemu para penghuni panti. Tetapi Anda pun masih bisa berdonasi dengan lancar dan tidak perlu khawatir dari jarak jauh, asalkan kantor atau tempat penerimaan donasi jelas, serta memang ada dan bisa dijangkau.

Walau sekilas terlalu menerapkan banyak aturan dalam kegiatan donasi, tetapi cara-cara di atas cukup penting untuk menghindari penggunaan dana bantuan dan hasil donasi tidak sesuai oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab, ada banyak dari para penerima donasi yang benar-benar membutuhkan bantuan kita. Donasi Baznas misalnya, sasaran donasinya sudah jelas dan lembaga yang menaunginya pun resmi.
6 Tips Memilih Tempat Donasi Terpercaya 6 Tips Memilih Tempat Donasi Terpercaya Reviewed by akbar on Februari 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.