Mengenal 5 Macam Tes untuk Mendeteksi COVID-19


Pandemi virus Corona membuat kita harus hidup berdampingan dengan berbagai jenis tes. Secara berkala dibutuhkan pemeriksaan untuk memastikan status tubuh terinfeksi atau tidak. Beragam jenis metode dan alat tes digunakan salah satunya adalah alat swab antigen Lungene. Kali ini akan dibahas apa saja jenis tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi infeksi COVID-19.

Tes Deteksi COVID-19

Berbagai jenis tes dilakukan untuk melakukan deteksi dini infeksi COVID-19. Berbagai tempat kini menyediakan layanan tes demi membantu mempercepat penanganan pasien COVID-19. Berikut adalah 5 jenis tes COVID-19 yang bisa Anda pilih:

1. TCM

Pilihan pertama adalah TCM atau Tes Cepat Molekuler. Jenis tes ini sebelumnya sudah banyak dipakai untuk melakukan deteksi terhadap penyakit TBC. Tes ini menggunakan sampel berupa dahak dan proses amplifikasi asam nukleat memakai cartridge. Proses deteksi akan menggunakan cartridge khusus dan akan dilakukan identifikasi RNA pada virus Corona.

Jenis tes yang satu bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Sesuai dengan namanya, tes ini hanya butuh waktu kurang dari 2 jam hingga Anda bisa mendapatkan hasil. Sudah ada banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan untuk tes cepat ini.

2. Tes PCR

Berikutnya adalah PCR yang disebut sebagai jenis tes COVID-19 paling akurat. Tes ini menggunakan sampel berupa lendir yang diambil dari saluran antara hidung ke tenggorokan. Teknik yang dipakai untuk mendapatkan sampel adalah tes usap atau swab. Selanjutnya sampel akan mengalami pemrosesan untuk melihat material genetik dari virus yang menginfeksi.

Tes PCR akan membutuhkan waktu pemrosesan yang cukup lama. Namun sebanding dengan waktu yang lama ini, Anda akan menerima hasil tes yang lebih akurat. Biasanya dibutuhkan 1 hingga 2 hari untuk mendapatkan hasil tes. Selain membutuhkan waktu yang cukup lama, jenis tes ini juga umumnya membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal.

3. Rapid Test

Jenis tes selanjutnya yang juga bisa dipakai untuk mendeteksi COVID-19 adalah rapid test. Tes ini tidak menggunakan sampel lendir namun memakai sampel darah. Darah dari individu yang dites akan dimasukkan ke alat uji. Dari darah tersebut nantinya bisa dideteksi antibodi dalam tubuh yang muncul saat infeksi terjadi.

Rapid test membutuhkan waktu pemeriksaan yang singkat dan biayanya pun terjangkau. Sayangnya jenis tes ini tidak begitu akurat karena bisa memberikan hasil palsu. Bisa saja hasil menunjukkan status negatif padahal individu terinfeksi hanya saja tubuh belum membentuk antibodi.

4. Tes Antigen

Deteksi COVID-19 juga bisa dilakukan melalui tes antigen. Jenis tes ini juga tergolong akurat namun tidak lebih akurat dibandingkan swab PCR. Metode pengambilannya sama dengan PCR yakni menggunakan teknik swab. Jenis alat yang digunakan pun beragam dan salah satunya adalah alat swab antigen Lungene. Umumnya tes ini dilakukan kemudian diikuti PCR untuk memastikan.

5. GeNose

Jenis tes COVID-19 yang satu ini tingkat keakuratannya paling rendah dibandingkan yang lain. Tes ini tidak membutuhkan pengambilan sampel baik sampel darah maupun lendir. Metodenya adalah mendeteksi COVID-19 lewat hembusan napas pasien. Alat yang digunakan pun sederhana dan biaya tesnya murah bahkan seringkali digelar gratis.

Itulah 5 jenis tes yang digunakan untuk mendeteksi infeksi COVID-19. Setiap jenis tes punya tingkat keakuratan yang berbeda-beda. Produk alat yang digunakan juga beragam, salah satunya alat swab antigen Lungene. Pastikan untuk menjalani tes bersama tenaga kesehatan profesional menggunakan perlengkapan yang tepat.
Mengenal 5 Macam Tes untuk Mendeteksi COVID-19 Mengenal 5 Macam Tes untuk Mendeteksi COVID-19 Reviewed by akbar on Juli 14, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.