10 Kiat Menjaga Performa Mesin Mobil Nissan Anda


Nissan merupakan salah satu pabrikan asal Jepang yang memiliki pencinta kendaraan roda empat di seluruh dunia. Salah satu pasar potensial dari hasil produksi Nissan adalah Indonesia. Terbukti penjualan mobil Nissan March cukup bagus di Indonesia dengan pelayanan dan service ganti suku cadang yang memuaskan. Pastikan Anda selalu menjaga performa mesin mobil Nissan agar berkendara di jalan raya bisa aman dan nyaman.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat mobil Nissan

Berdasarkan informasi dari website resmi Nissan, berikut 10 elemen penting yang tidak boleh Anda lupakan saat merawat mesin mobil Nissan March yaitu :

1. Mengecek selang dan belt

Selalu lakukan pengecekan bagian ini agar Anda tahu kapan perlu melakukan penggantian bila selang dan belt retak, rapuh, longgar atau menunjukkan tanda kerusakan lain.

2. Cek tekanan ban

Sebelum bepergian setiap hari, selalu cek tekanan ban mobil Nissan dan pastikan tekanan ban tidak terlalu penuh atau kurang. Hal ini bisa menyebabkan terjadi risiko kecelakaan di jalan bila tekanan ban tidak sesuai standar. Selain itu, Anda harus mengecek tingkat ketebalan ban agar bisa melakukan penggantian secara berkala bila ban mengalami ketipisan atau kembung.

3. Cek semua cairan

Bagian cairan oli mesin, power steering, brake, transmisi, dan lain-lain guna memastikan sesuai standar. Bila oli mesin sudah tidak layak digunakan, jangan menunggu waktu lebih lama untuk mengganti cairan oli agar tidak merusak performa mesin mobil Anda.

4. Bagian wiper dan lampu

Selain mengecek cairan pembersih pada wiper, Anda juga harus mengecek lampu interior dan eksterior agar bisa memastikan lampu berfungsi normal. Lampu yang tidak menyala bisa mengganggu perjalanan Anda, apalagi cahaya sangat dibutuhkan saat berkendara malam hari.

5. Mengecek baterai

Baterai atau aki mobil harus dicek secara berkala, lakukan penggantian bila perlu dan pastikan konektor senantiasa bersih, tidak berkarat atau kendor.

6. Rem

Fungsi rem atau brake system untuk melindungi Anda selama berkendara dengan aman dan nyaman. Saat melakukan penggantian oli, pastikan Anda juga mengecek bagian rem termasuk brake lining, rotor dan drum.

7. Knalpot

Mesin mobil Nissan yang bermasalah bisa terlihat dari suara mesin yang dihasilkan saat Anda melakukan pemanasan kendaraan. Cek bagian knalpot kendaraan agar tidak ada risiko kebocoran yang bisa membahayakan keselamatan Anda.

8. Melakukan tune up berkala

Hal ini demi menjaga performa mesin mobil tetap prima dengan efisiensi bahan bakar yang hemat.

9. HVAC

Cek selalu sistem pemanas, AC dan ventilasi di dalam kendaraan agar Anda bisa berkendara lebih nyaman, apalagi Anda yang acap melakukan perjalanan jarak jauh bersama keluarga tercinta. Bila AC tidak bisa menyala atau tidak mampu memberikan udara dingin yang sesuai, maka cek komponen yang besar kemungkinan ada kerusakan atau perlu penggantian freon.

10. Suspensi dan steering

Dari Nissan merekomendasikan Anda untuk selalu mengecek suspensi dan steering agar perjalanan bisa nyaman dan bebas dari risiko mobil mogok.

Nissan March bisa nyaman dipakai bertahun-tahun asal pemilik rajin melakukan perawatan di rumah atau bengkel. Lakukan service berkala di bengkel resmi Nissan agar mendapatkan pelayanan yang memuaskan, termasuk adanya risiko kerusakan komponen yang perlu penggantian suku cadang orisinal. Perawatan yang berkala bisa mendukung performa lebih optimal dan harga purna jual kendaraan tetap tinggi. Bila Anda berencana menjual mobil pun, harga jual akan mengikuti kualitas mobil yang terawat dengan baik.
10 Kiat Menjaga Performa Mesin Mobil Nissan Anda 10 Kiat Menjaga Performa Mesin Mobil Nissan Anda Reviewed by akbar on September 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.