5 Manfaat Bermain Boneka yang Wajib Anda Pahami


Setiap anak memang identik dengan dunia permainan sesuai perkembangan usia mereka. Boneka merupakan salah satu media yang menjadi permainan paling disukai anak-anak, khususnya balita. Meskipun demikian, anak laki-laki yang lebih besar enggan bermain boneka karena menganggap mainan boneka hanya cocok untuk anak perempuan. Berikan jenis mainan boneka yang sesuai gender mereka, misalnya mainan Barbie untuk anak perempuan atau mainan boneka figur hero untuk anak laki-laki.

Manfaat bermain boneka untuk perkembangan si kecil

Hadiah berupa mainan Barbie yang Anda berikan untuk anak bisa mendukung tumbuh kembang mereka lebih baik lagi. Berikut 5 manfaat bermain boneka untuk perkembangan buah hati tercinta yaitu :

1. Bisa meningkatkan keterampilan sosial mereka

Bermain boneka bisa mendukung keterampilan sosial anak dalam berkomunikasi, menambah kosakata baru dan memiliki kemampuan bahasa yang lebih bagus. Biarkan buah hati berimajinasi dengan memainkan peran dengan koleksi boneka yang Anda berikan, ya!

2. Mendukung perkembangan kepribadian yang baik

Anak-anak akan mengaplikasikan apa yang ia lihat sehari-hari dari peran orang tua atau anggota keluarga yang lain. Jika memiliki koleksi boneka perempuan, maka mereka akan mencoba memainkan peran perempuan sebagai ibu yang baik. Biarkan anak-anak belajar melatih empati dan kepedulian sosial saat merawat boneka hewan atau meniru kegiatan orang terdekat. Sikap yang terbangun sejak dini akan mendukung perkembangan kepribadian anak lebih baik kelak.

3. Melatih kreativitas dan imajinasi

Biarkan anak memiliki kreativitas dan imajinasi tanpa batas saat bermain dalam dunia boneka. Lengkapi koleksi boneka dengan benda-benda yang mendukung permainan mereka, misalnya rumah-rumahan, perlengkapan memasak dan sebagainya. Anak akan lebih senang dan terhibur saat bermain boneka sekaligus memiliki imajinasi yang lebih luas.

4. Menjadi media belajar yang edukatif

Sesekali Anda harus meluangkan waktu untuk mengajak anak bermain peran bersama koleksi boneka. Biarkan anak-anak mendapat wawasan luas dengan bermain peran tersebut. Anda bisa mendukung sistem belajar si kecil lewat permainan yang edukatif, misalnya bermain peran karakter yang baik, menjelaskan hal-hal positif dan ragam edukasi lain yang bisa Anda ajarkan lewat permainan yang menyenangkan.

Boneka yang berprofesi sebagai dokter, guru, polisi, atau lainnya cocok menjadi media pembelajaran tentang profesi dan tugas yang dimiliki. Siapa tahu anak Anda akan menjadi anak yang cerdas dan memiliki cita-cita tinggi seperti edukasi yang Anda berikan.

5. Melatih tanggung jawab

Bila anak punya koleksi boneka yang sangat banyak, maka biarkan ia melakukan eksplorasi tersebut. Jangan takut rumah menjadi kotor karena anak menggunakan segala media untuk bermain di sekitar. Biarkan akan tumbuh dan berkembang lebih maksimal dengan permainan boneka ini.

Namun, Anda juga bisa menjelaskan pentingnya tanggung jawab untuk merapikan permainan setelah kegiatan bermain selesai. Biarkan anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggungjawab dengan hal yang ia lakukan, termasuk merapikan mainan kembali ke tempat semula. Kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukan.

Yuk, belikan mainan Barbie untuk si kecil agar ia bisa melakukan kegiatan bermain peran bersama teman-teman di rumah! Untuk anak laki-laki, Anda bisa memilih boneka figur lain yang tetap bisa membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Tidak ada batasan gender dalam perkembangan kemampuan buah hati tercinta dengan media boneka, kok. Asal Anda bisa memilih model boneka yang relevan dengan perkembangan psikis mereka, maka tumbuh kembang buah hati dalam komunikasi dan bahasa bisa maksimal.
5 Manfaat Bermain Boneka yang Wajib Anda Pahami 5 Manfaat Bermain Boneka yang Wajib Anda Pahami Reviewed by akbar on September 02, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.